Tuesday 25 October 2011

Latihan soal UTS Manusia dan kebudayaan

LATIHAN SOAL UTS

MANUSIA DAN KEBUDAYAAN

  1. Bagaimana peranan kebudayaan terhadap perkembangan agama dalam masyarakat serta bagaimana peranan agama menyikapi kemajemukan budaya yang ada saat ini!
  2. Dalam konteksnya pemerintah dan masyarakat berfungsi sebagai pengayom, pelindung sekaligus sebagai penjaga keaneka ragaman budaya. Jelaskan maksud dari pernyataan tersebut!
  3. Kebudayaan dan peradaban adalah dua kata yang hampir mirip pegertiannya, akan tetapi memiliki makna yang berbeda. Namun pada kenyataannya kebudayaan menciptakan peradaban dan peradaban melahirkan kebudayaan. Jelaskan maksud dari pernyataan tersebut!
  4. Kebudayaan memiliki unsur bahasa, kesenian, sistem keagamaan, teknologi, dan mata pencaharian. Jelaskan maksud dari masing-masing unsur-unsur pembentuk kebudayaan tersebut!
  5. Jelaskan bagaiman proses sebuah kebudayaan tercipta, serta faktor-faktor yang menyebabkan sebuah kebudayaan dapat berkembang dengan cepat serta ada pula yang lambat dalam perkembangannya!
  6. Jelaskan bagaiman proses sebuah kebudayaan tercipta, serta faktor-faktor yang menyebabkan sebuah kebudayaan dapat berkembang dengan cepat serta ada pula yang lambat dalam perkembangannya!
  7. Bagaimana peranan kebudayaan terhadap perkembangan agama dalam masyarakat serta bagaimana peranan agama menyikapi kemajemukan budaya yang ada saat ini!
  8. Jelaskan dampak pembangunan terhadap masyarakat di Indonesia serta perubahan-perubahan sosial budaya yang terjadi di Indonesia sebagai akibat dari program-program pembangunan yang terjadi, dan respon masyarakat lokal terhadap program pembangunan tersebut!

9. Faktor-faktor sosial budaya dalam pembangunan memberikan pemahaman tentang pentingnya faktor-faktor sosial budaya dalam proses pembangunan dewasa ini. Jelaskan konsep sosial budaya dalam perencanaan pembangunn, serta hubungan antara faktor sosial-budaya dengan pembangunan ekonomi, politik dan manusia Indonesia.

10. Jelaskan proses perkembangan masyarakat dan kebudayaan di Indonesia dari sistem berburu-meramu sampai menjadi masyarakat industri serta berikan uraian sinkronis tentang masing-masing tingkat sistem sosiokultural dan faktor-faktor penentu dalam perkembangan tingkat sistem sosiokultural tersebut!

11. Jelaskan perbedaan pernyataan budaya dengan agama, serta apa yang mempengaruhi budaya terhadap agama, dan bagaimana pengaruh agama terhadap budaya!

12. Jelaskan definisi manusia dan kebudayaan menurut Anda,serta Perwujudan kebudayaan menurut pakar kebudayaan, antropologi, dan sosiologi!

13. Jelaskan perbedaan antara budaya dan peradaban, serta substansi (isi) utama dari budaya budaya dan peradaban!

14. Berikan contoh kebudayaan yang membawa pengaruh poritif di Indonesia, dan kebudayaan yang membawa dampak negative bagi masyarakat Indonesia!

15. “Terkikisnya Nilai budaya tradisional/nasional oleh budaya modern” jelaskan maksud dari pernyataan tersebut!

3 comments: