Wednesday 26 October 2011

Latihan soal Sejarah sastra Indonesia

LATIHAN SOAL UTS

SEJARAH SASTRA INDONESIA

1. Jelaskan secara ringkas perkembangan sejarah sastra Indonesia mulai dari angkatan Balai Pustaka sampai dengan sekarang!

2. Berdasarkan ciri-cirinya sastra Indonesia angkatan Balai Pustaka disebut angkatan Siti Nurbaya. Jelaskan maksud dari pernyataan tersebut!

3. Jelaskan perbedaan sastra Angkatan Balai Pustaka dengan sastra Angkatan Pujangga Baru! Berikan contoh karya sastra dari kedua angkatan tersebut!

4. Dalam menganalisis sebuah karya sastra ada beberapa unsur pembentuk karya sastra. Jelaskan unsur-unsur pembentuk karya sastra tersebut secara rinci!

5. Tulis biografi tokoh sastrawan Indonesia yang kalian ketahui, berikut karya-karyanya yang fenomenal!

6. Berdasarkan ciri-cirinya sasta angkatan ’66 bercorak perjuangan,protes politik,cinta tanah air,protes sosial dan politik. Jelaskan maksud pernyataan tersebut! Berikan 1 contoh karya yang sesuai dengan ciri tersebut! (Puisi atau roman)

7. Aliran sastra dibedakan menjadi dua :idealisme, romantisme,simbolik,mistisme, materialisme. Jelaskan maksud dari pernyataan tersebut di atas!

8. Karya sastra menurut genre atau jenisnya ada tiga yaitu : puisi, prosa, drama tuliskan persamaan dan perbedaan dari ketiga jenis sastra tersebut!

9. Dalam menganalisis sebuah karya sastra ada beberapa unsur pembentuknya. Jelaskan unsur-unsur pembentuk karya sastra tersebut secara rinci!

10. Buat ringkasan novel/ roman dari salah satu angkatan yang Anda ketahui!

No comments:

Post a Comment