Wednesday 26 October 2011

latihan soal Bahasa Indonesia semester 1

Latihan Soal :

Jawablah Pertanyaan di bawah ini secara rinci dan jelas!

  1. Berdasarkan perkembangan sejarah, bahasa Indonesia berasal dari bahasa melayu. Hal apa yang menyebabkan bahasa melayu menjadi cikal bakal bahasa Indonesia.
  2. Berdasarkan fungsinya bahasa merupakan alat komunikasi ekspresif, alat eksplorasi, fungsi persuasi, fungsi entertainment. Jelaskan maksud dari fungsi-fungsi tersebut beserta contohnta.
  3. Bahasa Indonesia bukan seluruhnya bahasa Indonesia murni ada beberapa kaya yang merupakan serapan dari bahasa lain, seperti Inggris, Portugis, Belanda, Arab, Sansekerta, Hindu dan Budha. Berdasarkan pernyataan di atas hal apa saja yang mempengaruhi unsur masuknya kata serapan ke bahasa Indonesia. Dan berikan masing-masing contoh kata serapan dari Negara tersebut!
  4. Bahasa Indonesia berdasarkan kedudukannya merupakan bahasa resmi dan bahasa nasional.. Jelaskan maksud dari pernyataan di atas berikan alasan logis dari pernyataan tersebut!
  5. Berdasarkan hakikat bahasa itu bersifat arbitrer, bahasa itu manusiawi,bahasa itu konvensional,bahasa itu universal. Jelaskan maksud dari masing-masing hakikat tersebut!
  6. Buatlah sebuah paragraf dengan menggunakan konsep bahasa Indonesia yang baik dan benar! dari ide pokok berikut!

a. Peran bahasa Indonesia sebagai bahasa pengembangan ilmu.

b. Peran bahasa Indonesia sebagai bahasa pengetahuan.

c. Peran bahasa Indonesia sebagai bahasa teknologi.

d. Peran bahasa Indonesia sebagai bahasa seni.

  1. a. Jelaskan mengapa bahasa Melayu diangkat sebagai bahasa Indonesia!

b. Bahasa Indonesia sebagai bahasa negara dan bahasa persatuan. Apa

maksudnya?

  1. Jelaskan ragam bahasa agama, sastra, jurnalistik, ragam bahasa undang-undang berikan contoh!
  2. Berdasarkan pokok pembicaraan bahasa memiliki ragam yang berbeda, yaitu ragam bahasa undang-undang, ragam bahasa jurnalistik, ragam bahasa ilmiah, ragam basa sastra. Jelaskan maksud dari pernyataan tersebut !
  3. Melihat dari sejarahnya bahasa memiliki perkembangan yang mendapat serapan dari bahasa lain seperti bahasa Inggris, Belanda, Portugis, Sansekerta, dan Arab. Jelaskan factor dari penyerapan bahasa tersebut dan berikan contoh kata serapannya!
  4. Hakikat bahasa Indonesia adalah bahasa itu universal, bahasa itu manusiawi, bahasa itu dinamis, bahasa itu unik, bahasa itu konvensional. Jelaskan maksud dari pernyataan tersebut!
  5. Jelaskan dan berikan contoh dari paragraf deduktif, induktif, ineratif, campuran!
  6. Jelaskan apa yang dimaksud karangan eksposisi, karya ilmiah, skripsi, disertasi!

No comments:

Post a Comment